Sabtu, 11 November 2017

-Khadijah binti Khuwailid- Part 1


dinsta

"Khadijah binti Khuwailid Part 1"
Sumber: Silsilah Ummahatul Mukminin


Dia adalah Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin 'Abdul 'uzza bin Qushay bin Kilab Al-Qurasyiyyah Al-Asadiyyah.


Khadijah termasuk wanita Quraisy yang paling mulia nasabnya, paling terhormat, dan paling kaya. Ia dibesarkan di lingkungan keluarga terhormat. Oleh karena itu wajar bila ia menjadi wanita cerdas dan berwibawa. Ia terkenal sebagai wanita yanh teguh memegang prinsip, brilian, pandai mengelola harta, halus tutur bahasanya, dan sangat menjaga kesucian diri.


Sebelum nabi Muhammad diangkat menjadi nabi dan rasul, khadijah dijuluki dengan sebutan "Thahirah" (wanita suci). Oleh karena itu, wajar kalau dia menjadi wanita pujaan yang menjadi incaran laki-laki bangsawan maupun tokoh terkemuka dari kaumnya.

Ayahnya bernama Khuwailid bin Asad, termasuk pemuka Quraisy yang memiliki kedudukan terhormat. Ibunya Fathimah binti Za'idah bin Al-Asham.


Sebelum menikah dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Khadijah Radhiyallahu 'anha pernah menikah 2 kali.


Pertama Khadijah Radhiyallahu 'anha menikah dengan Abu Halah bin Zararah At-Tamimi. Dari pernikahan ini ia dikarunia dua anak, yaitu Halah dan Hindun. Setelah Abu Halah wafat, Khadijah menikah lagi dengan 'Atiq bin 'Abid. (Dalam riwayat lain dikatakan bahwa suami Khadijah yang kedua adalah 'Aidz bin 'Abdullah Al-Makhzumi. Pernikahan yang kedua ini hanya bisa dijalani beberapa saat lamanya, setelah itu keduanya berpisah.




Sesudah kedua suaminya ini meninggal dunia, yang mana keduanya merupakan tokoh terpandang di makkah, Maka sejak itu silih berganti dia dilamar oleh banyak pria dari kalangan bangsawan. Akan tetapi, Khadijah selalu menolak secara halus dengan alasan ingin mencurahkan perhatiannya dalam mendidik dan mengasuh kedua anaknya, dalam mempersiapkan masa depan mereka. Dan ingin memfokuskan perhatiannya dalam mengembangkan bisnisnya hingga kelak ia menjadi pengusaha wanita yang sukses dan kaya raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

-Khadijah binti Khuwailid- Part 1

"Khadijah binti Khuwailid Part 1" Sumber: Silsilah Ummahatul Mukminin Dia adalah Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin...